Tuesday, March 24, 2015

[MOVIE REVIEW] 7 Misi Rahasia Shopie (2014)



3 Stars of 5

Sinopsis

Shopie (Alisia Rininta), adalah gadis ceria yang tinggal di apartemen susun. Ia sangat gemar menguploud video seputar tips-tips di Youtube. Hobi-nya ini dikritik buruk oleh teman akrabnya, Marco.
Suatu hari, Shopie mengajak Marco (Stefan William) untuk melakukan 7 misi rahasia dengannya untuk membuktikan bahwa dia dan orang-orang yang memiliki hobi yang sama seperti dia bukanlah senegatif apa yang dipikirkan Marco. Marco ikut-ikut saja dengan Sophie meskipun dia bertanya-tanya apa arti dari misi rahasia ini. Mengapa harus 7, mengapa tidak 8? Banyak pertanyaan mengganjal dibenak Marco.

Shopie

Marco

Review

7 Misi Rahasia Shopie mengangkat tema yang cukup menarik dan populer yaitu mengangkat Youtube atau bisa dikatakan sosial media yang sekarang sedang populer diantara remaja. Kita tahu bahwa sosial media akhir-akhir ini menjadi ajang eksis bagi para remaja, dan dalam 7 Misi Rahasia Shopie, Shopie ingin membuktikan bahwa hal itu tidak benar.
Alur cerita berjalan dengan baik. Dari pengenalan sifat-sifat kedua tokoh, hingga 7 Misi itu dilaksanakan. Misi demi misi dilakukan seakan-akan ada cerita sampingan dalam film ini. Aura-nya sama seperti ketika menonton Postman to Heaven (film korea) dan My Name is Love (film Thailand).
Namun meskipun tema dan alurnya berjalan dengan baik, saya cukup kecewa dengan "Rahasia" yang sesungguhnya sangat amat tertebak. Judul 7 Misi Rahasia Shopie itu terasa hambar dengan kenyataan di Ending yang sangat biasa. Tidak ada yang "Wow" yang membuat saya berkata "Oh.. ternyata begitu." atau yang mampu membuat jantung saya berdebar, atau yang mampu membuat saya menangis.
Dari segi akting, akting para pemain tidak dapat diragukan lagi. Namun, saya agak terganggu dengan karakter Shopie yang diperankan Alisia. Saya tahu bahwa anak perempuan centil memang berkarakter seperti itu, namun saya agak bosan dengan karakter perempuan yang selalu seperti itu. Sepertinya film-film Indonesia didominasi oleh tokoh perempuan berkarakter seperti Shopie (manja, centil, dan lain-lain).
Setting dari 7 Misi rahasia Shopie ini sangat bagus. Ide untuk memakai rooftop, dan setting perkotaan terlihat sangat elit, tidak seperti kebanyakan film yang sengaja memakai setting pantai atau padang rumput untuk adegan-adegan romantis. Perpaduan warna, pencahayaan, dan kontras dalam film ini juga sangat baik. 
Satu lagi kelebihan dan keunikan dari film ini adalah adanya sandi morse. Saya sangat menyukai adegan Marco dan Shopie yang berkomunikasi menggunakan sandi morse dengan senter, Meskipun saya tidak mengerti apa kode-kode dalam sandi morse, namun bila saya tinggal di apartemen, saya mungkin akan mencoba melakukan sandi itu dengan tetangga saya.

Shopie melakukan sandi morse
Rooftop apartemen Marco dan Shopie
This is a good shot

Anyone interested to watch, here is the trailer! ;)



***




No comments:

Post a Comment