Saturday, March 21, 2015

[MOVIE REVIEW] Teacher's Diary (2014)


"Is it possible to love someone you've neve met?"

Jawaban dari quote singkat dari film the Teacher's Diary ini adalah : YA!

Saya selalu mengikuti perkembangan film Asia (baik Thailand, Jepang, Korea, Indonesia dan lain-lain) dan film Thailand yang satu ini mampu saya beri peringkat 4,8 bintang dari 5 bintang.

Film ini dibuka oleh adegan Song, guru yang tidak becus harus pindah mengajar ke sekolah yang terletak di laut (atau danau). Hanya ada 4 siswa di sekolah itu di mana mereka semua berbeda kelas. Kehidupan di Sekolah itupun sangat susah. Tidak ada sinyal, tidak ada listrik, dan Mr. Song merasa kesepian. 

Sekolah di perairan

Murid-murid Mr Song

Mr Song

Nah, suatu saat Mr Song menemukan sebuah diary. Diary itu adalah diary dari guru sebelum Mr Song. Namanya Ms Ann. Diary itu, menjadi penuntun Mr Song untuk menjadi guru yang lebih baik. Awalnya dia kesulitan menghadapi murid-muridnya. Murid-muridnya pun selalu membandingkan Mr Song dan Ms Ann. Selain menjadi penuntun, diary itu menjadi teman untuknya, sehingga Mr Song tanpa sadar selalu memikirkan Ms Ann. Dia ingin bertemu dengan sang pemilik diary.

Diary Ms Ann

Ms Ann

Kira-kira begitu sinopsisnya.
Lalu apa yang membuat film ini sangat bagus?

Kalau kamu pernah nonton film Laskar Pelangi, nah film ini memiliki nilai moral yang hampir sama dengan Laskar Pelangi. Bahwa seorang guru yang baik mengajar muridnya bukan untuk mencari keuntungan pribadi. Mereka mau mengajar di tempat manapun itu, tidak peduli fasilitasnya jelek ataupuin bagus. Pesan dari film ini sangatlah bagus.
Namun, film ini dipadu pula dengan kisah romantis komedi dari Mr Song dan Ms Ann. 2 orang yang tidak pernah bertemu, dan hanya dihubungkan oleh diary. Setiap perkara yang terjadi selama Mr Song mengajar, ditampilkan pula solusinya oleh adegan (sejenis flash back) Ms Ann pada saat dia mengajar. Pada bagian awal film, kita di fokuskan oleh Mr Song, dan ketika agak ke bagian akhir, fokus berubah kepada Ms Ann.
Bingung? Watch the Movie so you'll understand. ^^

Tapi yang membuat aku tidak memberi bintang 5 adalah karena Ending-nya. Aura-nya sama dengan ketika menonton film Hello Stranger (film Thailand juga. Kalau kamu pencinta film Thailand, pasti tau). Ending yang menggantung namun kita tahu bagaimana akhirnya mereka. Kita dibuat kesal karena kita ingin mengetahui apa yang terjadi antara mereka selanjutnya. 


Anyone who interested to watch, Here is the trailer..







No comments:

Post a Comment