Wednesday, October 11, 2017

Indonesia Lantern Festival 2017: Bentuk pertukaran budaya Indonesia dan Tiongkok


Bagi masyarakat yang berdomisili di Tangerang dan sekitarnya tentu tidak asing lagi dengan Festival satu ini. Ya! Indonesia Lantern Festival sangatlah menarik mata bagi para pengendara yang melewati jalan Mh Thamrin no.11, Cikokol. Warna-warni dan bentuk yang unik dari gemerlap lampion menjadi daya tarik festival yang berlokasi di Maze Market Tangerang ini. Festival lampion ini telah dibuka pada bulan Agustus hingga bulan Desember mendatang. 

Lampion berbentuk gerbang di pintu masuk Maze Market


Ragam Lampion


Begitu memasuki area festival, Anda akan melihat banyak sekali lampion-lampion yang memanjakan mata Anda. Lampion-lampion kecil menggantung di sekitar pepohonan besar yang rindang juga menghiasi tiap sudut-sudut dinding Maze Market. Namun selain lampion-lampion kecil terdapat pula lampion besar yang sengaja dirancang melambangkan suatu bentuk.


1.  Naga Tiongkok
Naga Tiongkok merupakan mahluk legenda dalam mitos dan budaya rakyat Tiongkok yang melambangkan kekuatan dan tuah. Dalam Indonesia Lantern Festival ini, lampion naga dibuat berukuran sangat besar yaitu sekitar 50 meter dengan warna merah sebagai warna badan naga.

Naga Tiongkok

2. Dewa Shou dan Persik
Dalam Indonesia Lantern Festival, sosok dewa Shou digambarkan mengellilingi buah persik yang merupakan buah asli dari Tiongkok. Dewa Shou adalah dewa yang melambangkan umur panjang sedangkan buah Persik melambangkan keabadian. Sosok Dewa Shou dalam lampion digambarkan tersenyum ramah menggunakan jubah berwarna dominan biru.
Dewa Shou dan Persik

3. Dewa Cai Shen
Dewa Cai Shen adalah Dewa yang melambangkan harta di Tiongkok. Dewa Chai Sen dalam festival ini dilambangkan menggunakan jubah merah melambangkan rezeki bagi banyak orang.
Dewa Cai Shen


4. Shio
Di area belakang festival, terdapat deretan lampion yang melambangkan 12 karakter binatang dalam kalender China atau biasa disebut Shio. 
Lambang Shio: Tikus, Kerbau, Naga, Babi


Selain lampion dari budaya China terdapat juga lampion besar yang melambangkan budaya Indonesia. Misalnya, lampion Garuda Pancasila dan tugu monas.


5. Garuda Pancasila
Garuda Pancasila adalah lambang Negara Indonesia. Dalam Indonesia Lantern Festival, lampion ini bearda tepat di tengah-tengah maze market sehingga menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto. Lampion Garuda ini didesain oleh seniman dari Zigong Lantern Festival.
 Garuda Pancasila 

 6. Tugu Monas 
Monumen Nasional (Monas) Indonesia adalah ikon dari Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Dalam Indonseia Lantern Festival ini, lampion tugu monas terletak di area depan festival dengan bentuk yang dirancang semirip mungkin dengan aslinya.
 Tugu Monas

Indonesia Lantern Festival ini sendiri merupakan hasil kerjasama Maze Market dengan Zigong Lantern Group yang berasal dari Tiongkok. Menurut Su Xiao dari Zigong Lantern Group, festival ini bertujuan untuk untuk memperkuat hubungan persahabatan antara Tiongkok dengan Indonesia. Beliau juga mengatakan bahwa menurut sejarah Tiongkok, festival ini dipercaya dapat membagikan keberuntungan bagi orang-orang, sehingga Ia berharap semua orang yang berkunjung ke festival ini bisa mendapat keberuntungan dari Tiongkok. 


***

Selain menikmati keindahan lampion, terdapat juga Food Area dengan lebih dari 100 booth yang akan menyajikan berbagai macam makanan dan minuman tradisional maupun internasional. Terdapat juga penampilan berbagai atraksi kebudayaan Tiongkok seperti akrobat dan tari-tarian dari Zigong Lantern Group serta live music. Terdapat pula Wahana permainan seperti kora-kora, bianglala, dan bola air yang dapat Anda nikmati.
Untuk menikmati festival ini cukup membayar Rp. 20.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp. 35.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Bagi anak-anak dibawah 125cm dan pengunjung berusia 55 tahun dapat masuk dengan gratis. Festival ini akan dimulai pukul 16.00 hingga 23.00 setiap harinya. Jadi tunggu apalagi, bagi kalian yang ingin menikmati keindahan lampion, yuk mampir ke Indonesia Lantern Festival di Maze Market Tangerang!






Kelompok:
Klara Livia - 00000008859
Nesa Alicia - 00000019322
Dewa Rama - 00000011186
Michael Nathanael - 00000011223

No comments:

Post a Comment